NEWS & EVENT


Cara Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum

Cara Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum

Memiliki anak dengan Temper Tantrum terkadang merupakan hal yang berat dan sangat menguji kesabaran bagi kedua orang tua. Namun, sejatinya orang tua harus melihat kondisi ini sebagai sebuah kesempatan untuk mengedukasi diri tentang apa itu tantrum agar ketika kondisi ini terjadi di tempat umum maka orang tua sudah tahu apa yang harus mereka lakukan. Berikut ini adalah cara mengatasi anak tantrum di tempat umum.

Apa itu Tantrum?

Tantrum merupakan sebuah ledakan emosi yang sering dialami oleh anak-anak yang mengalami kesulitan emosional. Biasanya tantrum ditandai prilaku keras kepala, menangis, menjerit, berteriak, menjerit-jerit, pembangkangan, mengomel marah, resistensi terhadap upaya untuk menenangkan dan, dalam beberapa kasus, berujung pada kekerasan. Tantrum umum terjadi pada anak laki-laki dan perempuan antara umur 1 sampai 3 tahun.

Jika si kecil mengalami tantrum di tempat umum, lakukan cara-cara ini untuk mengatasinya.

Baca juga: Intip Warna Populer Tahun 2020

Berikan perhatian

Ada banyak alasan anak tantrum di tempat umum, salah satunya adalah bosan dengan apa yang dilakukan. Ketika si kecil mulai tantrum, berhentilah sejenak dan berikan perhatian kepada mereka. tanyakan hal-hal yang mungkin membuat mereka merasa bosan atau kesal hingga memicu tantrum. Jika sudah mengetahui alasannya maka berikan pelukan dan katakan bahwa Anda menghargai perasaaan mereka dan akan memberikan apa yang mereka suka setelahnya. Sentuhan dan ikatan yang hangat akan meredakan tantrum.

Tetap tenang dan jangan panik

Percayalah, tetap tenang dan tidak panik ketika menghadapi anak yang tantrum di tempat umum itu sulit. Namun percayalah, cara ini ampuh dalam menghadapi tantrum. Alih-alih emosi dan membalas dengan amarah, orang tua harus dengan tenang menemani si kecil melalui masa tantrumnya. Jangan lupa untuk memberikan jarak aman terhadap si kecil, dan berikan rasa aman kepada mereka. perlahan-lahan tantrum akan mereda, dan ketika keadaan sudah memungkinkan, angkat dan peluk mereka. Jangan dimarahi namun kasihi mereka.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

 

 

Jangan berikan apa yang anak inginkan

Jika si kecil mengalami tantrum lantaran menginginkan sesuatu, jangan sekali-kali memberikannya dengan harapan tantrum akan berhenti karena hal ini malah akan membuat tantrum berkepanjangan. Tetap tenang, anggap Anda dan si kecil sedang berada di rumah, jangan khawatirkan pandangan orang-orang sekitar dan tunggu sampai tantrum mereda sambil sesekali mengajak anak untuk menarik napas panjang-panjang. Bila sudah bisa diajak komunikasi maka beritahu alasan mengapa anak tidak bisa memiliki apa yang mereka inginkan.

Baca juga: Nikmatnya Tinggal di Koridor Timur Jakarta

Memiliki anak dengan temper tantrum memang bukan hal yang mudah, namun dengan penanganan yang tepat dan kesabaran serta kasih sayang maka baik orang tua dan anak dapat melalui tahap ini.