NEWS & EVENT


Catat Ya, Bun. Jika Anak Rewel, Bisa Jadi Mereka Sedang Sedih

Catat Ya, Bun. Jika Anak Rewel, Bisa Jadi Mereka Sedang Sedih

Cibubur – Cileungsi. Menghadapi anak yang rewel memang bukan hal yang mudah, dan tidak jarang orang tua kewalahan dan terpancing emosinya. Padahal emosi anak seharunya tidak harus disangkal dan merupakan tugas orang tua untuk mendampingi anak dalam menghadapi anak yang sedang belajar mengakomodir emosinya. Seorang dosen psikiatri di Harvard Medical School dan penulis buku The Breathing Book, mengatakan bahwa salah satu alasan anak rewel itu dapat disebabkan anak sedih lantaran merindukan rutinitas, teman-teman, dan atau hal-hal sehari-hari.

Baca juga: Apa yang Anda Pertama Minum di Pagi Hari Bisa Jadi Solusi Masalah Kesehatan

Terutama di masa pandemi, anak-anak merasakan perubahan yang besar dalam struktur kegiatan sehari-hari. Biasanya anak-anak mengekspresikan emosinya melalui mengangis, menjerit, sampai bertengkar dengan saudara. Ketika hal tersebut terjadi, orang tua dapat melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya.

Mencari penyebab dari tingkah laku anak

Penting bagi orang tua untuk mengathui akar dari penyebab anak rewel. Sama seperti orang dewasa, anak juga memiliki emosi yang kompleks dan sedikit perubahan dapat membuat mood anak berantakan. Apakah penyebab anak sedih karena ia tidak bisa bermain dengan teman-teman favorit, kurang tidur, atau tidak bisa beraktivitas di luar. Dengan mengetahui penyebabnya maka orang tua bisa mengakali solusi yang tepat untuk anak.

Bila anak rewel karena tidak bisa beraktivitas di luar maka orang tua bisa membuat kegiatan kemah di dalam rumah, atau nonton film bersama di rumah.

Baca juga: Lingkungan Rumah “Family Friendly” Dukung Perkembangan Anak

Bantu anak mengendalikan emosi

Memberikan edukasi kepada anak tentang bagaimana cara mengenali dan mengendalikan emosi sendiri merupakan hal yang penting. Perlakukan anak selayaknya orang dewasa, dan mulailah buka dialog tentang apa yang mereka rasakan. Bahas juga bagaimana cara mereka dapat mengatasi emosi mereka dengan cara aman tanpa harus melakukan prilaku negatif.

Buat anak nyaman dalam mengutarakan apa yang mereka rasakan sampai emosi mereda, dan mood anak kembali naik.

Edukasi orang tua akan emosi anak

Dalam menghadapi prilaku anak yang rewel, orang tua pun harus mulai mengedukasi diri sendiri tentang spektrum emosi anak dan bagaimana cara menghadapinya. Ini merupakan hal yang penting lantaran kebanyakan orang tua justru terbawa emosi ketika menghadapi anak rewel. Prilaku rewel bila ditangani dengan emosi maka akan membuat anak semakin menjadi-jadi.

Pada dasarnya dalam mendampingi anak tumbuh dewasa, baik orang tua dan anak harus sama-sama belajar dan saling memahani agar anak bisa tumbuh dewasa dengan baik.

Baca juga: Jaga Pikiran Positif Kala Menghadapi Tantangan Berat