NEWS & EVENT


Hati-hati, Ini Dia Tempat Paling Banyak Bakteri

Hati-hati, Ini Dia Tempat Paling Banyak Bakteri

Cibubur. Dalam kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi seperti saat ini kesehatan menjadi prioritas. Intensitas hujan lebat membuat daya tahan tubuh menurun secara signifikan, dengan situasi daya tahan tubuh menurun maka bakteri dan kuman di sekitar akan semakin mudah menyerang kesehatan tubuh. Tanpa disadari ada tempat-tempat di sekitar kita yang menjadi sarang bakteri dan kuman, tanpa disadari tempat-tempat ini memiliki kontribusi besar dalam menyebarkan bakteri dan kuman.

Agar tidak berujung dengan gangguan kesehatan yang tidak diinginkan, hindari tempat-tempat yang menjadi sarang bakteri dan kuman. Berikut ini tempat-tempat yang jadi sarangnya bakteri dan kuman di sekitar kita.

Baca juga: Intip Warna Populer Tahun 2020

Stasiun dan Halte

Bagi orang-orang yang bekerja jauh dari rumah atau yang biasa disebut commuting, berhati-hati ketika berada di stasiun kereta atau halte  terutama pada area tempat duduk atau pegangan. Kedua area tersebut merupakan sarang dari bakteri dan kuman, biasakan cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer. Terutama sebelum makan.

Toilet Umum

Terkadang meski terlihat bersih, toilet umum merupakan sarang dari bakteri termasuk E. coli dan Enterococcus yang dapat menyebabkan diare. Penyebaran bakteri ini tidak berasal dari duduk closet namun dari memegang gagang pintu dan dan closet kemudian memegang hidung, mulut, dan mata. Oleh karena itu biasakan untuk tidak memegang area wajah ketika selesai menggunakan toilet umum, dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sebun dengan besar sebelum keluar dari toilet.

Baca juga: Nikmatnya Tinggal di Koridor Timur Jakarta

Restaurant

Jangan terburu-buru panik, dan membatalkan renca makan siang di restaurant kesukaan lantaran takut terpapar bakteri dan kuman. Pada dasarnya kebanyakan restaurant miliki sanitasi yang baik terutama pada proses pembuatan dan penyajian makanan, namun hanya saja satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah buku menu. Pasalnya banyak orang menyentuhnya namun buku menu tidak pernah dicuci. Makanya ada baiknya mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh buku menu.

 

Pesawat Terbang

Suka bepergian dengan pesawat terbang? Barhati-hatilah karena bakteri biasanya mudah menyebar di dalam pesawat lantaran dalam situasi ini sekelompok manusia berada di tempat yang sama dalam waktu bersamaan. Selain itu bakteri dan kuman bisa menyebar dari gagang pintu dan toilet pesawat jadi selalu cuci tangan setelah menggunakan toilet di pesawat, atau jika tidak ada akses ke sabun dan air yang mengalir maka hand sanitizer merupakan pilihan yang tepat. Lalu jika bepergian dalam kondisi flu gunakan masker agar tidak menulari penumpang lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum