NEWS & EVENT


Mau Mulai Bisnis? Simak Dulu 5 Tips Ini

Mau Mulai Bisnis? Simak Dulu 5 Tips Ini

Cileungsi – Cibubur. Menjadi seorang entrepreneur merupakan impian banyak orang, namun tidak semua orang memiliki keberanian mengambil langkah untuk mewujudkannya. Bia Anda merupakan dari orang-orang yang ingin mewujudkan impian menjadi seorang entrepreneur yang sukses, maka simak terlebih dahulu 7 tips dalam artikel berjudul “Mau Mulai Bisnis? Simak Dulu 7 Tips ini”.

Berikut ini 7 tips saat ingin memulai bisnis yang dapat menjadi motivasi untuk Anda.

Baca juga: Semalam di Kampung Hobbit, Harvest City

  1. Kalahkan Ketakutan Akan Kegagalan

Seperti yang sudah dikatakan di awal, ada banyak orang ingin jadi entrepreneur namun hanya sedikit yang pada akhirnya melangkah untuk mewujudkan keinginan tersebut. Untuk menjadi seorang entrepreneur hal pertama yang harus dilakukan adalah mengalahkan ketakutan diri sendiri akan sebuah kegagalan. Berwaspada kepada kegagalan pada bisnis merupakan hal wajar, namun jangan jadikan rintangan untuk melangkah.

  1. Pelajari Semua Hal

Mulailah rajin menjalin kembali relasi kepada keluarga dan teman-teman Anda, pelajari banyak hal dari mereka agar bisnia Anda semakin kuat. Jangan sungkan untuk mendiskusikan konsep-konsep bisnis kepada kepada relasi yang memiliki kemampuan dalam bidang bisnis yang Anda geluti. Dari sanalah muncul ide-ide baru, dan perbaikan-perbaikan untuk masa depan bisnis Anda.

  1. Jadilah Bisnis Solutif

“Jadi orang itu harus solutif,” itu merupakan sepotong dialog dari bu Tedjo. Salah satu karakter di film Tilik yang saat ini sedang viral di media sosial. Ternyata apa yang disampaikan oleh bu Tedjo bisa Anda terapkan untuk bisnis yang sedang Anda rintis. Daripada terlalu sibuk memikirkan bagaimana menjual produk, lebih baik fokuskan diri untuk membangun sebuah bisnis yang bisa menjadi solusi untuk para konsumen.

Baca juga: Enaknya Menikmati Sore Ceria di Harvest Walk

  1. Bisnis yang Sederhana

Ketika memulai sebuah bisnis merupakan hal yang lumrah memiliki banyak ide untuk mengembangkan bisnis Anda di masa depan, namun ada baiknya Anda berhati-hati terhadap ide-ide liar yang menciptakan efek bola salju sehingga bisnis menjadi rumit. Sebagai entrepreneur yang baru memulai bisnis, jagalah bisnis Anda agar tetap sederhana dan biarkan bisnis Anda berkembang perlahan-lahan.

 

  1. Hitung Biaya dengan Tepat

Setelah menyusun ide untuk bisnis Anda, maka mulailah susun biaya yang dibutuhkan untuk membangun dan mengoperasikannya. Biaya merupakan hal penting saat akan memulai bisnis lantaran untuk sebuah bisnis aliran uang merupakan napas untuk menjaga bisnis tetap hidup. Dalam menyusun biaya pastikan Anda telah memikirkan masalah lokasi, harga sewa, inventori, dan biaya promosi.

Ketika sudah mendapatkan angka yang sesuai maka kalikan angka tersebut menjadi dua kali lipat, mengapa demikian? Dalam memulai bisnis, Anda akan menemukan banyak pengeluaran tak terduga selama perjalanan memulai bisnis. Dan itu sudah harus Anda persiapkan dari awal.

Baca juga: Pelajaran Hidup Untuk Para Milenial