NEWS & EVENT


Pilih Menu Sahur Tepat Untuk Jaga Imunitas

Pilih Menu Sahur Tepat Untuk Jaga Imunitas

Cibubur – Cileungsi. Menjalankan puasa ditengah masa pandemi Corona merupakan tantangan yang sedang dihadapi oleh umat muslim tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia. Menjalankan ibadah puasa sembari menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang virus dan penyakit merupakan hal yang penting. Menurut nutrisionis UGM R. Dwi Budiningsari, SP., M. Kes., Ph.D, berupasa dapat meningkatkan imunitas tubuh karena puasa dapat meningkatkan sel darah putih sehingga tubuh lebih kebal dari virus dan penyakit.

Baca juga: Hati-hati, Ini Dia Tempat Paling Banyak Bakteri

Namun perlu digarisbawahi kalau perubahan jadwal makan, dan menurunkan konsumsi karbohidrat sebagai sumber energi dapat mempengaruhi sistem kerja tubuh dan berpotensi mengganggu kinerja sistem imunitas manusia. Oleh karena itu, penting untuk memilih menu sahur yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar aktivitas puasa tidak mengganggu imunitas tubuh.

Jaga Cairan dan Konsumsi Gandum

Bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi gandung, ada baiknya memilih menu olahan gadum untuk menu sahur. Gandum mengandung serat, vitamin B, vitamin E, anti oksidan, dan mengandung protein tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu gandum bisa membuat kenyang lebih lama. Selain gandum, mengkonsumsi banyak air putih ketika sahur pun sangat membantu untuk membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Baca juga: Harvest City Beri Hadiah Istimewa Untuk Pemilik Rumah Pertama

Sebagai tambahan, konsumsi juga yogurt ketika sahur untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan lantaran yogurt mengandung banyak kalsium, iodine, dan vitamin B. Anda juga bisa mengkombinasikan yogurt dengan buah-buahan untuk mendapatkan micronutrisi dan cairan yang cukup. Kemudian konsumsi juga susu, jus, atau smoothies sesaat sebelum imsak.

Kurangi Makanan Digoreng dan Bergaram Tinggi

Jika ingin puasa lancar, hindari makanan yang digoreng dan bergaram tinggi. Mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat membuat tubuh mudah kelelahan, selain itu mengkonsumsi garam terlalu berlebihan pun akan membuat mudah haus. Oleh karena itu hindari keduanya agar ibadah puasa lancar. Lalu hindari juga makanan dengan kandungan kalori dan gula tinggi, makanan jenis ini dapat memberikan energi instan namun tidak bertahan lama.

Saat sahur, hindari juga mengkonsumsi kopi atau makanan dengan kandungan kafein tinggi karena kafein memiliki sifat diuretik sehingga menyebabkan tubuh cepat kehilangan banyak cairan dan mineral-mineral penting lainnya.

Baca juga: Intip Warna Populer Tahun 2020