NEWS & EVENT


Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

Cibubur, Januari 2020. Musim hujan akhirnya mendera Indonesia setelah lama didera musim kemarau berkepanjangan di tahun 2019 lalu. Curah hujan dan perubahan udara yang cukup ekstrem tidak jarang membuat kesehatan jadi rentan gangguan seperti flu sampai demam berdarah. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di kala musim hujan seperti saat ini, beberapa di antaranya telah dirangkum oleh tim redaksi Harvest City seperti berikut ini.

Jaga asupan air putih

Cara paling sederhana untuk menangkal penyakit di musim hujan ini adalah menjaga asupan air putih harian. Ingat, pada dasarnya manusia membutuhkan 6 sampai 8 gelas air putih per hari. Disarankan pula untuk meminum air putih hangat dengan perasan lemon untuk meningkatkan aliran darah agar imunitas tubuh Anda semakin kuat untuk menahan serangan penyakit di kala musim hujan.

Sering cuci tangan dan gunakan masker

Tingkat penderita flu di musim biasanya meningkat, dan tidak semua orang memiliki kebiasaan sanitasi yang baik sehingga kuman dan bakteri ada di mana-mana dan mengancam Anda. Bahkan di tempat yang tidak pernah Anda duga. Oleh karena itu sangat penting menjaga sanitasi diri dengan cara sering mencuci tangan, dan menggunakan masker. Terutama saat diperjalanan menuju kantor atau setelah menggunakan fasilitas umum. Bila tak sempat mencuci tangan maka hand sanitaizer bisa jadi solusi.

Jaga makan dan konsumsi vitamin

Makanan merupakan cara paling umum untuk penyakit masuk ke tubuh manusia dan mengganggu kesehatan, terutama ketika musim hujan di mana sistem imun bekerja keras untuk menjaga tubuh dari serangan panyakit. Oleh karena itu hindari mengkonsumsi street food yang tidak memiliki sanitasi yang baik, selain itu hindari juga makanan cepat saji dan makanan instan. Beri dukungan kepada tubuh untuk bertahan di musim hujan dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

Kemudian jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin sesuai dengan dosis yang dibutuhkan tubuh. Jangan berlebihan. Perlu dicatat, mengkonsumsi vitamin yang berlebihan akan membawa masalah bagi ginjal di kemudian hari. Jadi konsultasikan kepada dokter tentang dosis yang dibutuhkan.

Dengan menjalankan beberapa tips di atas maka menjaga kesehatan di musim hujan akan semakin mudah, kunjungi news Harvest City untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.