NEWS & EVENT


Trigliserida Tinggi Setelah Lebaran, Lakukan 4 Cara Ini

Trigliserida Tinggi Setelah Lebaran, Lakukan 4 Cara Ini

Rumah Cibubur – Tepat tanggal 24 Mei 2020, umat Islam di Indonesia merayakan hari raya Idul Fitri atau yang sering disebut dengan lebaran. Salah satu ritual yang sering kali ditunggu saat lebaran adalah saling bermaaf-maafan dan mengkonsumsi makanan khas lebaran seperti rendang, opor ayam, dan ketupat. Meskipun lezat, namun Anda harus tetap bijak dalam mengkonsumsinya lantaran makanan tersebut dapat menyebabkan tingkat Trigliserida dalam darah meroket.

Baca Juga: 5 Area di Rumah yang Harus Diwaspadai Untuk Mencegah Anak Cidera

Trigliserida sendiri merupakan salah satu lemak dalam darah yang diproduksi oleh hati namun sebagian besarnya berasal dari makanan seperti daging, keju, susu, kelapa, dan mentega. Jika asupan Trigliserida melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh makan lemak ini akan menempel di dinding pembuluh darah dan bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Saat kadar Trigliserida tinggi dalam darah setelah lebaran, lakukan beberapa cara mudah berikut ini agar kadar Trigliserida dapat kembali normal.

1. Mengkonsumsi lemak sehat

Agar tingkat Trigliserida dalam darah dapat turun setelah mengkonsumsi makanan lebaran, Anda bisa mulai mengkonsumsi lemak tidak jenuh yang berasal dari kacang-kacangan, gandum utuh, buah apek, pir, alpukat, dan ikan salmon. Selain itu Anda juga bisa mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun atau minyak zanola.

Baca Juga: 7 Barang yang Wajib Dimiliki Untuk Perawatan Bayi Baru

 

2. Batasi konsumsi gula dan makanan berbahan dasar tepung

Untuk sementara tahan dulu keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi. Selain itu batasi juga makanan dengan bahan dasar tepung lantaran tepung adalah karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar Trigliserida dalam tubuh.

 

3. Berhenti merokok

Bila Anda merupakan seorang perokok, maka ada baiknya berhenti merokok. Selain dapat menyebabkan kanker paru-paru dan penyakit jantung, merokok disinyalir dapat meningkatkan kadar Trigliserida dalam darah.

 

4. Berolahraga teratur

Olahraga merupakan solusi dari segala masalah kesehatan, termasuk dalam hal menurunkan kadar Trigliserida setelah lebaran. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Dasar dari hal itu adalah aktivitas gerak dalam durasi waktu tertentu dapat menurunkan tingkat Trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik.

Baca juga: Hati-hati, Ini Dia Tempat Paling Banyak Bakteri

Terapkan 4 cara mudah menurunkan Trigliserida ini maka Anda dapat terhindar dari risiko gangguan kesehatan yang mengintai setelah momen lebaran. Bila tingkat Trigliserida tidak juga turun, maka kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.